18 January 2015

Fungsi dan Peran Thumbnail Youtube

Ibarat buku maka cover adalah thumbnailnya. Dalam merancang cover buku tentu ada aturan mainnya, tidak bisa sembarangan. Karena cover harus menarik dan memikat calon pembaca buku. Dalam urusan desain cover biasanya sebuah penerbitan sudah ada tim desain sendiri.

Pun demikian halnya dengan thumbnail video. Diusahakan thumbnail harus menarik dan eye catching. Meski youtuber tidak semuanya bisa desain namun setidaknya ada beberapa hal yang perlu diketahui. Akan saya ulas secara singkat di bawah.

Pertama, jangan bikin thumbnail bawaan dari youtube. Desain thumbnail semenarik mungkin. Secara default youtube memberikan kita tiga opsi thumbnail yang siap pakai. Kalau ada kesempatan custom kenapa tidak dimanfaatkan.


Gambar: staciahopkins.com

Kedua, jangan bikin desain thumbnail ukuran kecil atau pas-pasan. Kalau bisa bikin desain dalam ukuran HD yakni 1280 x 720 piksel. Format yang diupload boleh JPG atau PNG, ukuran tidak boleh lebih dari 2Mb.

Ketiga, sesuaikan desainmu dengan siapa yang akan menonton video tersebut. Kalau penontonnya anak-anak maka gunakan warna-warna kontras, cerah, ceria, boleh juga lembut tapi tidak disarankan. Jangan tampilkan warna-warna redup atau kusam karena itu tidak menarik sama sekali.

Keempat, gunakan teks jika perlu. Fungsi teks dalam thumbnail adalah sebagai keterangan sebelum orang mengklik video tersebut. Pilih font yang sesuai dengan isi video tersebut. Teks jangan terlalu banyak karena bisa jadi malah akan mengganggu.

Gambar kecil ini punya fungsi dan peran penting. Jangan disepelekan hal ini. Percuma kalau kita punya video bagus tapi thumbnailnya gak bagus. Bisa jadi orang males mengkliknya. Ingat bahwa video dengan konten bagus tidak hanya punya kita semata. Jutaan orang berlomba bikin video bagus tujuannya untuk dilihat youtuber.

No comments:

Post a Comment